Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jurnalis Pamekasan Kecam Pembunuhan Wartawan dan Keluarga di Sumatera Utara

Jumat, 05 Juli 2024 | Juli 05, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-06T00:16:11Z
Pamekasan, jumat 5 Juli 2024, Perkumpulan organisasi jurnalis kabupaten Pamekasan gelar aksi solidaritas di pelataran selatan monumen arek lancor. Itu sebagai wujud kepedulian meninggalnya Jurnalis sekeluarga dengan dugaan adanya tindak pidana pembunuhan dan pembakaran rumah di Sumatra Utara yang diduga dilakukan oleh oknum aparat TNI, Jumat (05//7/24) siang.

Buktinya, gelaran aksi solidaritas sesama rekanan profesi jurnalis diperagakan dengan teatrikal rumah kebakaran milik korban yang menewaskan tiga orang tidak lain merupakan keluarganya sendiri.

Korlap Aksi Jurnalis Pamekasan Bersatu M. Khairul Umam dalam orasinya mengatakan peristiwa ini merupakan suatu bentuk rusaknya moral dan citra aparat keamanan yang saat ini telah merenggut nyawa seseorang berusia 47 tahun asal Sumatera Utara.

“Sempurna Pasaribu diduga dibunuh setelah memberitakan tentang perjudian yang melibatkan oknum aparat keamanan,” katanya.

Selanjutnya, M. Khairul Umam yang saat ini menjabat sebagai ketua AJP (Aliansi Jurnalis Pamekasan) mengutuk keras terhadap tindakan kriminalisasi terhadap wartawan yang tewas dalam peristiwa kebakaran rumahnya pada 27 Juni 2024 kemarin.

“Polri harus mengusut tuntas sebagai bentuk tegaknya keadilan. Dewan Pers bersama dengan Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) harus membentuk tim investigasi guna mengungkap secara terang kasus in,” pintanya.

Sapaan akrabnya Mas Khairul mengatakan kejadian kebakaran itu juga merenggut nyawa tiga anggota keluarganya, yaitu Elfrida Ginting (istri), Sudi Pasaribu (anak), dan Loin (cucu), kami sangat prihatin dengan kejadian yang menimpa keluarga dari Sempurna Pasaribu, sehingga jurnalis masih menjadi sasaran kekerasan, bahkan pembunuhan.

“Tangkap dan penjarakan pembunuhan yang diduga dilakukan oleh oknum aparat keamanan karena memberitakan tentang perjudian,” pungkasnya.(rahman)